Thursday, December 6, 2018

Kegiatan PASBK di SMPN 7 Satap Cibeber

 Menghadapi era milenial di abad 21, hampir semua aktivitas dilakukan berbasis Informasi Teknologi (IT), tak terkecuali aktivitas di sekolah-sekolah.

SMPN 7 Satu Atap Cibeber merupakan salah satu sekolah satu atap yang ada di lingkungan Kasepuhan Cisitu, dengan ditopang oleh 2 desa diantaranya Desa Kujangsari dan Desa Situmulya. Dan, terdiri dari 4 Sekolah Dasar yakni, SDN 1 Kujangsari, SDN 2 Kujangsari, SDN 1 Situmulya dan SDN 2 Situmulya.

Penilaian Akhir Semester Tahun Pelajaran 2018/2019 diselenggarakan dengan dua model yaitu PASKP (Penilaian Akhir Semester Berbasis Kertas dan Pensil) dan PASBK (Penilaian Akhir Berbasis Komputer). PASKP diikuti oleh seluruh peserta kelas VII dan VIII. Sedangkan untuk kelas IX model yang digunakan PASKP dan PASBK.

Menghadapi Penilaian Akhir Semester tahun ajaran 2018/2019, SMPN 7 Satap Cibeber melakukan proses penilaian akhir semester berbasis komputer (PASBK). Sistem yang dikembangkan sama persis seperti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Karena keterbasan komputer PASBK hanya diikuti oleh Kelas IX yang berjumlah 72 peserta dan 4 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA.

Aplikasi yang digunakan untuk pembuatan ujian online tersebut yaitu CBT BeeSmart yang sudah dimodifikasi. Proses ujian sama persis seperti pelaksanaan UNBK. Siswa menggunakan komputer atau laptop sebagai media dalam mengikuti ujian, dan dibagi menjadi 4 Sesi.

Pelaksanaan PASBK, memiliki kelebihan tersendiri, selain proses pelaksanaan yang sangat sederhana juga biaya ujian menjadi lebih kecil, karena biaya untuk penggandaan soal dan LJK lebih kecil dibandingkan dengan Pelaksanaan ujian manual.

Semoga, SMPN 7 Satap Cibeber semakin maju dan Sukses. Amin (ZY)

0 comments:

Post a Comment