Friday, November 29, 2019

SMPN 7 Cibeber Siap PAS Berbasis Komputer

Ujian Berbasis Komputer (UNBK) yang disebut Computer Based Test (CBT) adalah ujian dengan menggunakan komputer sebagai medianya. Ujian Berbasis Komputer bukanlah yang pertamakali dilaksanakan di sekolah-sekolah bahkan sudah mulai dilaksanakan dari tingkat SD, SMP, dan SMA di seluruh wilayah Indonesia, namun berbagai  macam kontraversi yang ditimbulkan.
Tidak sedikit yang beranggapan bahwa Ujian Berbasis Komputer  ditemukan berbagai macam  kendala terutama di daerah-pelosok-pelosok yang belum terjamah teknologi apalagi Indonesia sangat luas dan banyak pulau-pulau yang penduduknya masih primitive. pengadaan  komputer yang masih kurang  di sekolah-sekolah yang tidak terjangkau, dan  masalah yang paling sering ditemukan di lapangan adalah gangguan server, atau gangguan koneksi komputer yang bisa saja terjadi pada saat ujian berlangsung. 
Di sisi lain CBT (Computer Based Test) ini juga memberikan dampak positif seperti menghemat penggunaan anggaran, meminimalisir kecurangan yang terkadang dilakukan siswa pada saat ujian, lebih mempersingkat waktu ujian karena pengerjaan soal tidak perlu lagi membulatkan lembar jawaban dan yang paling utama adalah memanfaatkan teknologi masa kini agar mutu dunia pendidikan Negara kita lebih maju.
Alhamdulillah, untuk menyiapkan diri dalam memasuki era revolusi industri 4.0 di SMPN 7 Cibeber walaupun lokasinya berada di daerah terpencil namun mencoba untuk mengikuti pemanfaatan teknologi masa kini agar mutu dunia pendidikan Negara kita lebih maju. Salahsatunya yaitu penyelenggaraan Penilaian Akhir Semester (PAS) Berbasis Komputer (PASBK). Selain itu,  PASBK merupakaan ajang pengenalan Ujian Berbasis Komputer (UBK)  untuk siswa kelas IX (sembilan) dalam menghadapi USBK/UNBK Tahun Ajaran 2019/2020. 
Sebenarnya, Tahun Ajaran sebelumnya SMPN 7 Cibeber sudah menyelenggarakan PASBK tetapi hanya 4 (empat)  mata pelajaran saja yaitu mata pelajaran yang di UN-kan khusus kelas IX. Tetapi,  tahun ajaran sekarang mencoba seluruh mata pelajaran (11 MP termasuk mulok). PASBK ini khusus untuk kelas IX, karena keterbatasan komputer dan sarana lainnya. 
Persiapan PASBK yang dilakukan oleh Panitia PASBK sudah melalui uji kesiapan server dan client dengan mengadakan Uji UBK pada hari kamis,  28 November 2019 dengan melibatkan seluruh calon peserta PASBK yang berjumlah 48 siswa kelas IX yang dibagi menjadi 2 sesi. 
Semoga PASBK tahun sekarang dapat berjalan dengan sukses dan lancar. Aamiin. 

0 comments:

Post a Comment