Thursday, December 3, 2020

Kartu Domino Dalam Operasi Hitung Bilangan Bulat


Domino adalah semacam permainan kartu generic yang berjumlah 28 kartu masing masing terdiri dari balak/palang 1 sampai 6 dan diikuti oleh batu batu lainnya. Biasanya dimainkan oleh 4 orang saling berhadapan. Di Indonesia biasanya berbentuk kartu kecil berukuran 3x5 cm, berwarna dasar putih terdapat endol-endol merah yang berfungsi atau pengganti angka. Domino bisa pula merujuk ke kotak-kotak kecil yang bisa ditata dan jatuh bersamaan. Di sini, saya merubah endol-endol merah ini dengan beberapa operasi (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian). Manfaat permainan ini adalah melatih siswa untuk menghitung secara cepat. Permainan seperti ini sangat cocok digunakan dalam Materi Operasi Hitung Pada bilangan Bulat pada kelas VII SMP Semester 1 Kurikulum 2013.



Penjelasan Permainan :
Inti bermain kartu Domino adalah menghabiskan kartu yang ada di tangan sebelum pemain lain. Setiap kartu memiliki dua sisi nilai, dan nilai-nilai tersebut bisa kita ganti asalkan memiliki kartu dengan satu atau dua sisi bernilai sama dengan kartu yang diturunkan di permainan. Kalau kita baru pertama kali bermain Domino, kami sarankan untuk terlebih dahulu mempelajari cara menghabiskan kartu yang ada di tangan. Bila kita sudah cukup ahli menghapal kartu dan mengendalikan kartu yang ada di tangan kita, kita bisa mulai belajar cara untuk menghalang-halangi pemain lainnya terutama pemain yang ada di bawah kita. Kemenangan dalam permainan Domino ditentukan dengan habisnya kartu di tangan atau kecil-kecilan nilai kartu yang di tangan saat terjadi DEADLOCK(tidak ada pemain yang bisa menurunkan kartu di permainan). 

Semoga permainan ini dapat bermanfaat bagi anak-anak kita, dan tentunya biasa dijadikan media dalam pembelajaran matematika khususnya dalam pembelajaran operasi hitung bilangan bulat.

0 comments:

Post a Comment